Black Hole :: Info Astronomi - Berita Seputar Astronomi
Created By Reza Nur Wibisono, SMK KESATRIAN PURWOKERTO
Diposting oleh Unknown | 0 komentar

Black Hole

Ilmuwan bingung ada benda yang bisa 'kabur' dari lubang hitam

Black Hole


AstroInd -Sampai saat ini, ilmuwan di dunia percaya bila tidak ada benda apapun di dunia yang mampu melesat mengalahkan kecepatan cahaya. Tetapi, nampaknya teori fundamental itu kini 'mental'.

Ilmuwan IFAE di Barcelona telah menemukan fenomena unik dan langka yang terjadi di sebuah lubang hitam yang terletak di pusat galaksi IC 310. Di luar prediksi para ilmuwan, dari pusat lubang hitam itu muncul pancaran sinar gamma. Padahal berdasarkan hukum Fisika tidak ada benda di alam semesta yang mampu melepaskan diri dari gaya tarik pusat lubang hitam, bahkan cahaya sekalipun.

"Tidak ada benda yang secara tiba-tiba dapat bergerak dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya dan melepaskan diri dari lubang hitam," ujar Julian Sitarek, salah satu ilmuwan IFAE, Daily Mail (28/11).

Oleh sebab itu, ilmuwan menyimpulkan bila sinar itu mampu lepas dari sedotan pusat lubang hitam tersebut karena mempunyai kecepatan super tinggi. Hal ini juga dibuktikan dengan jarak yang mampu ditempuh oleh sinar gamma tersebut dalam waktu singkat.

Berdasarkan pantauan ahli antariksa di Kepulauan Canary dengan menggunakan teleskop 'Magic', sinar gamma yang keluar dari lubang hitam tersebut mampu mencapai jarak 449 juta kilometer hanya dalam waktu 4,8 menit. Sementara untuk menempuh jarak itu, cahaya memerlukan waktu sekitar 25 menit.

Namun ilmuwan masih terus berupaya mencari tahu apakah benar sinar gamma tersebut lebih cepat dari cahaya atau ada hal lain yang memicu sinar tersebut bergerak dengan kecepatan tinggi. Untuk saat ini, ilmuwan IFAE masih beranggapan bila sinar gamma berkecepatan tinggi itu muncul setelah si lubang hitam menelan benda langit tertentu yang cukup kuat memicu pancaran 'kilat' sinar gamma.

Galaksi IC 310 adalah galaksi raksasa yang terletak di konstelasi Perseus dan berjarak 260 juta tahun cahaya dari bumi. Namun, bila memang benar ada benda yang mampu menembus kecepatan cahaya melarikan dari dari lubang hitam hal ini bisa dimanfaatkan oleh para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan teleportasi atau bahkan perjalanan waktu.

0 komentar: